Pada Selasa, 9 Januari 2024 seluruh siswa TK Kristen Petra 11 kelompok A diajak untuk menanam benih tomat dan bunga kenikir kuning sebagai bagian dari program cinta lingkungan.  Tidak hanya menanam benih tomat dan bunga kenikir kuning, tetapi anak-anak juga diajarkan untuk merawat tanaman dengan cara menyirami dan mencabuti gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Awalnya anak-anak diajak melihat video indahnya alam ciptaan Tuhan tetapi pada akhirnya rusak dan gersang karena manusia tidak mau menjaga dan merawat. Tuhan sudah menyediakan semuanya bagi kita, sebagai ucapan syukur kita perlu menjaga dan merawat. Setelah menonton video, anak-anak diajak ke taman untuk mulai diperkenalkan dengan tanaman tomat dan bunga kenikir kuning. Benih tomat dipilih karena merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan dapat berbuah, dimana buahnya dapat dimanfaatkan. Sedangkan bunga kenikir kuning merupakan tanaman hias yang sangat cantik, selain itu cara menanam dan merawatnya pun mudah. Anak-anak juga dijelaskan tentang media tanam, alat dan bahan yang diperlukan. Setelah dicontohkan bagaimana langkah-langkah menanam, sekarang waktunya anak-anak akan menanam tanamannya sendiri. Setiap kelas dibagi menjadi 3 kelompok, yang masing-masing terdiri dari 4-5 anak. Anak-anak dibebaskan untuk memilih satu jenis benih yang akan ditanam. Mereka mulai mengisi potnya dengan tanah, menabur benih dan menyiram serta meletakkan pot ditempat yang terkena sinar matahari. Anak-anak tampak bersemangat  dan mengikuti setiap langkah-langkah menanam dengan benar. Mereka juga diajarkan untuk menyusun jadwal merawat tanaman sebagai bentuk tindak lanjut dan tanggung jawab.

Kegiatan menanam bersama mengajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan menanam juga dapat melatih anak untuk menumbuhkan kecintaan terhadap alam, sehingga anak dapat mensyukuri berkat yang sudah Tuhan beri.

Mari kita bersyukur selalu atas semua berkat yang sudah Tuhan sediakan di hidup kita. Tuhan Yesus Memberkati.

Loading